Kespektifikan Lokal (Islam Terpadu) SMK IT Al-Furqon Sanden
oleh: Rismanta, S.Pd.I
SMK Islam Terpadu (SMK IT) Al-Furqon Sanden, sebuah kekhasan Islam Terpadu. Selain terdapat “islamisasi pengetahuan” dalam kurikulum pendidikan ada standar kurikulum IT (Islam Terpadu) model SMK IT Al-Furqon Sanden. Pertama, menggugah ruh jihad dalam arti luas kepada peserta didik untuk memerangi kebodohan dan terus mengaji/belajar. Dalam hal ini dapat dilihat dari kisah-kisah ummat Islam di dalam beragam bidang. Kedua, ghirah kecintaan kepada dakwah Islam. Sebagaimana diyakini bahwa dalam tarbiyah bahwa Islam adalah agama dakwah. Ketiga, ada muatan sirah (sejarah) terhadap sejarah masa kejayaan Islam, baik kontek masa Nabi, masa sahabat, masa para khalifah maupun dalam konteks tokoh-tokoh Islam di Indonesia/Nusantara, tentang kontribusi para tokoh terhadap pembentukan Negara Republik Indonesia.
Ciri yang lain yang membedakan SMK Islam Terpadu (SMK IT) Al-Furqon Sanden dengan sekolah lain yaitu adanya standar kompetensi Pendidikan Agama islam yang terdiri secara mandiri : Terdapat tiga komponen yang masuk dalam standar Pendidikan Agama Islam.
1. 1. Pendidikan Agama Islam (mata pelajaran)
2. 2. Pendidikan Al-Qur’an
3. 3. Pembelajaran Bahasa Arab
Ketiga komponen tersebut terbagi beberapa Mata Pelajaran (Mapel) yang diajarkan, menjadi
1) - Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti
2) - Mapel Al-Qur’an dan Hadits
3) - Mapel Tahfidzul Qur’an
SMK IT Al-Furqon Sanden mengenalkan, melafadzkan huruf hijaiyah, menguasai, membaca, menghafalkan, membiasakan.
4) - Mapel Bahasa Arab
5) - Mapel Nahwu Sharaf
6) - Mapel Tarikh (Sejarah Islam)
7) - Mapel Aswaja (Ahlussunnah Wal Jama’ah)
Sekolah Islam Terpadu (SMK IT) Al-Furqon Sanden adalah lembaga pendidikan brand sekolah dengan keislaman yang khas. Peserta didik adalah cerminan kekhasan suatu lembaga pendidikan. Peserta didik yang telah lulus dari suatu lembaga pendidikan adalah cermin lembaga pendidikan yang mendidiknya. Cerminan inilah yang dilihat dari orang tua dan masyarakat di mana ia hidup.
1. Bila ia menunjukan kebaikan akademik maka sekolah tempat menimba ilmu mendapat image yang baik pula dari segi akademik.
2. Bila ia menunjukan kebaikan skil kreatifitas maka sekolah yang mendidiknya dan men-drillnya mendapatkan gambaran yang baik.
3. Begitu pula ketika ia baik dalam aspek kesalihan perilaku dan spiritual keagamaannya maka sekolah mendapatkan gambaran sebagai lembaga yang memperhatikan karakter peserta didik.
Bila peserta didik lulus dari lembaga pendidikan dan menunjukkan ke tiga-tiganya yakni : kesalihan spiritual dan sosialnya, skill kreatifitas dan kemampuan akademiknya maka secara otomatis sekolah akan mendapatkan kebaikan. Begitu pula sebaliknya. Peserta didik (siswa) SMK IT Al-Furqon Sanden akan mencapai ketiga-tiganya. Insya Allah, Amiin.
Standar kelulusan SMK IT Al-Furqon Sanden
1. 1. Kompetensi keimanan
2. 2. Kompetensi kepribadian dan sosial
3. 3. Kompetensi keilmuan
4. 4. Kompetensi fisik
Keempat kompetensi kelulusan ini dijabarkan dengar indicator:
1. - Kompetensi Keimanan
a. Akidah ahlussunnah waljamaah yang bersih
b. Ibadah yang benar
2. - Kompetensi kepribadian dan sosial
a. Pribadi yang matang
b. Mandiri
c. Bersungguh-sungguh dan disipilin
d. Tertib dan cermat
e. Mengoptimalkan waktu
f. Bermanfaat bagi orang lain
3. - Kompetensi keilmuan
a. Cerdas dab berwawasn dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
4. - Kompetensi fisik
b. Kekuatan fisik dan memiliki ketrampilan.
Pembinaan Kesiswaan sesuai bakat dan minat
Selain standar-standar di atas peserta didik terdapat pengembangan dan tambahan dari standar kelulusan. Ranah dan arah pembinaan peserta :
1. 1. Kegiatan Ko-kurikuler
· Pembiasaan Sholat dhuha
· Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna
· Pembiasaan wiridan ba’da sholat fardhu
· Mujahadah
· Kunjungan Edukatif
2. 2. Kegiatan Ekstra Ko-kurikuler
· Tilawah
· Hadrah
· Kaligrafi
Demikian sekilas tentang kespektifikan local (Islam Terpadu)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar