Sabtu, 02 Januari 2021

EVALUASI

 

Evaluasi merupakan saduran dari bahasa Inggris "evaluation" yang diartikan sebagai penaksiran atau penilaian. Nurkancana menyatakan bahwa evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal. Wikipedia

PERTANYAAN BERPIKIR ORDER RENDAH - TINGGI

(HIGHER ORDER THINKING QUESTION - LOT-HOT)

REMEMBER (Level 1)

Recognizing and recalling

INGAT (Level 1)

Mengenali dan mengingat

Describe what happens when___________.

How is (are) _________?

How would you define_________?

How would you identify_________?

How would you outline_________?

How would you recognize_________?

List the _________ in order.

What do you remember about_________?

What is (are) _________?

What would you choose_________?

When did _________?

Where is (are) _________?

Which one_________?

Who was (were) _________?

Why did _________?

Jelaskan apa yang terjadi jika___________.

Bagaimana _________?

Bagaimana Anda mendefinisikan_________?

Bagaimana Anda mengidentifikasi_________?

Bagaimana Anda menguraikan_________?

Bagaimana Anda mengenali_________?

Buat daftar _________ secara berurutan.

Apa yang Anda ingat tentang_________?

Apa itu _________?

Apa yang akan Anda pilih_________?

Kapan _________?

Dimana _________?

Yang mana_________?

Siapa (dulu) _________?

Mengapa _________?

UNDERSTAND (Level 2)

Interpreting, exemplifying, classifying, summarizing, inferring, comparing, explaining

MEMAHAMI (Level 2)

Menafsirkan, memberi contoh, mengklasifikasikan, meringkas, menyimpulkan, membandingkan, menjelaskan

Elaborate on__________.

How can you describe_________?

How would you clarify the meaning _________?

How would you compare/contrast_________?

How would you differentiate between________ and _________?

How would you express_________?

How would you generalize_________?

How would you identify_________?

What can you infer from_________?

What can you say about_________?

What did you observe_________?

What is the main idea of _________?

What would happen if _________?

Will you restate_________?

Jelaskan tentang__________.

Bagaimana Anda bisa mendeskripsikan_________?

Bagaimana Anda menjelaskan arti _________?

Bagaimana Anda membandingkan / membedakan _________?

Bagaimana Anda membedakan antara________ dan _________?

Bagaimana Anda mengekspresikan_________?

Bagaimana Anda menggeneralisasi_________?

Bagaimana Anda mengidentifikasi_________?

Apa yang dapat Anda simpulkan dari_________?

Apa yang dapat Anda katakan tentang_________?

Apa yang Anda amati_________?

Apa gagasan utama _________?

Apa yang akan terjadi jika _________?

Apakah Anda akan menyatakan ulang_________?

APPLY (Level 3)

Executing and implementing

TERAPKAN (Level 3)

Menjalankan dan menerapkan

How would you develop_________?

How would you after _______ to _________?

How would you change_________?

How would you modify_______?

How would you demonstrate_________?

How would you develop________ to present _________?

How would you present _________?

How would you solve_________?

What actions would you take to perform_____?

What examples can you find that _________?

What other way would you choose to _________?

What would the result be if _________?

Why does ________ work?

Bagaimana Anda akan berkembang_________?

Bagaimana Anda setelah _______ sampai _________?

Bagaimana Anda akan berubah_________?

Bagaimana Anda memodifikasi_______?

Bagaimana Anda akan mendemonstrasikan_________?

Bagaimana Anda akan berkembang _ hingga saat ini _________?

Bagaimana Anda akan mempresentasikan _________?

Bagaimana Anda memecahkan_________?

Tindakan apa yang akan Anda ambil untuk melakukan_____?

Contoh apa yang dapat Anda temukan _________?

Cara lain apa yang Anda pilih untuk _________?

Apa hasilnya jika _________?

Mengapa ________ berhasil?

ANALYZE (Level 4)

Differentiating, organizing, attributing

ANALISIS (Level 4)

Membedakan, mengatur, mengatribusikan

Discuss the pros and cons of __________.

How can you classify ________ according to _________?

How can you compare the different parts of _________?

How can you sort the parts of _________?

How is _________ connected to _________?

How would you explain _________?

What are the advantages and disadvantages of _________?

What can you infer _________?

What can you point out about _________?

What evidence in the text can you find that _________?

What explanation do you have for _________?

What ideas support/validate_________?

What is the problem with _________?

What is your analysis of _________?

Why do you think _________?

Diskusikan pro dan kontra dari __________.

Bagaimana Anda dapat mengklasifikasikan ________ menurut _________?

Bagaimana Anda dapat membandingkan berbagai bagian _________?

Bagaimana Anda dapat menyortir bagian _________?

Bagaimana _________ terhubung ke _________?

Bagaimana Anda menjelaskan _________?

Apa keuntungan dan kerugian dari _________?

Apa yang dapat Anda simpulkan _________?

Apa yang dapat Anda tunjukkan tentang _________?

Bukti apa dalam teks yang dapat Anda temukan bahwa _________?

Penjelasan apa yang Anda miliki untuk _________?

Ide apa yang mendukung / memvalidasi _________?

Apa masalah dengan _________?

Apa analisis Anda tentang _________?

Mengapa kamu berpikir _________?

EVALUATE (Level 5)

Checking and critiquing

EVALUASI (Level 5)

Memeriksa dan mengkritik

Create a poem/riddle/song that explains_________?

Devise a way to_________?

How would you compile the facts for_________?

How would you elaborate on the reason_________?

How would you generate a plan to_________?

How would you improve_________?

How would you portray_________?

Predict the outcome if _________?

What alternative would you suggest for_________?

What changes would you make to revise_________?

What could you invent_________?

What facts can you gather_________?

What would happen if _________?

Buat puisi / teka-teki / lagu yang menjelaskan_________?

Temukan cara untuk_________?

Bagaimana Anda mengumpulkan fakta untuk_________?

Bagaimana Anda menjelaskan alasan_________?

Bagaimana Anda akan membuat rencana untuk_________?

Bagaimana Anda akan meningkatkan_________?

Bagaimana Anda menggambarkan __________?

Prediksikan hasilnya jika _________?

Alternatif apa yang Anda sarankan untuk_________?

Perubahan apa yang akan Anda lakukan untuk merevisi_________?

Apa yang bisa Anda ciptakan_________?

Fakta apa yang dapat Anda kumpulkan_________?

Apa yang akan terjadi jika _________?

CREATE (Level 6)

Generating, planning, producing

BUAT (Level 6)

Menghasilkan, merencanakan, memproduksi

Determine the value of _____.

How could you verify_________?

How would you determine which facts__________?

How would you grade_________?

Rank the importance of ______.

Rate the _________. Explain your rating.

What choice would you have made_________? Explain your reasoning.

What criteria would you use to assess_________?

What data was used to evaluate_________?

What information would you use to prioritize_________?

What is the most important_________? Tell why.

What is your favorite_________? Why?

What would you suggest_________?

What is your opinion of _________? Support your response.

Tentukan nilai _____.

Bagaimana Anda bisa memverifikasi_________?

Bagaimana Anda menentukan fakta yang mana__________?

Bagaimana Anda menilai_________?

Rangkinglah pentingnya ______.

Beri nilai _________. Jelaskan penilaian Anda.

Pilihan apa yang akan Anda buat_________? Jelaskan alasan Anda.

Kriteria apa yang akan Anda gunakan untuk menilai_________?

Data apa yang digunakan untuk mengevaluasi_________?

Informasi apa yang akan Anda gunakan untuk memprioritaskan_________?

Apa yang paling penting_________? Katakan kenapa.

Apa favoritmu_________? Mengapa?

Apa yang kamu sarankan_________?

Apa pendapat Anda tentang _________? Dukung tanggapan Anda.

 

Alat bantu evaluasi dapat menggunakan alamat di:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEST TENTANG JANAZAH XI

  https://berbagiruang.com/kumpulan-soal-pilihan-ganda-berserta-kunci-jawaban-pendidikan-agama-islam-dan-budi-pekerti-kelas-xi-tentang-tata-...